Silabus Idarat

Published 10 Maret 2012 by bebekoneng

SILABUS MATA KULIAH

JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB

  1. 1.   IDENTITAS MATA KULIAH

Mata Kuliah            : Pengelolaan Kelas

Bobot                      : 2 sks

Kelompok MK       : MKB

Jurusan                    : PBA

Fakultas                  : Tarbiyah

 

2. TUJUAN MATA KULIAH

Setelah mengikuti perkuliahan Pengelolaan Kelas mahasiswa program S-1 Pendidikan Bahasa Arab mampu melaksanakan upaya pengelolaan kelas dalam rangka menciptakan suasana dalam kegiatan pembelajaran sehinggga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

 

3. DESKRIPSI ISI

Mata kuliah pengelolaan kelas merupakan salah satu bentuk kajian yang memberikan pemahaman tentang konsep konsep secara komprehensif dan membekali upaya pengelolaan kelas dalam rangka kegiatan pembelajaran.

 

4. PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN

Pendekatan: konstruktivis

Metode : Ceramah, Tanya jawab, dan Diskusi Kelas

Tugas : terstruktur

Media OHP, Infoku

 

5. RINCIAN MATERI PERKULIAHAN TIAP PERTEMUAN

Pertemuan ke-1       :  Pengantar Perkuliahan;

Pertemuan ke-2       :  Konsep Dasar Pengelolaan Kelas;

Pertemuan ke-3/4    :  Pendekatan Pengelolaan kelas;

Pertemuan ke-5/6    :  Aplikasi Pendekatan Pengelolaan;

Pertemuan ke-7    :  Ujian Tengah Semester (UTS);

Pertemuan ke-8       :  Prosedur dan Rancangan Pengelolaan kelas;

Pertemuan ke-9       :  Pengelolaan Lingkungan Belajar

Pertemuan ke-10     :  Pengaturan Ruang Kelas.

Pertemuan ke-11     :  Prinsip prinsip disiplin kelas. pada level sekolah dan kelas;

Pertemuan ke-12     :  Tahapan dan penanggulangan pelanggaran disiplin

Pertemuan ke-13     :  overview

Pertemuan ke-14  : Ujian Ahir Semester (UAS)

 

 

7. KOMPONEN PENILAIAN

Penilaian mata kuliah ini meliputi empat komponen, yaitu; partisipasi, UTs, Tugas, dan UAS. Adapun bobot dari masing-masing komponen tersebut sebagai berikut:

 

Komponen

Bobot %

Partisipasi Kuliah (PK)

10

Tugas (Presentasi & Makalah)

30

Ujian Tengah Semester (UTS)

20

Ujian Akhir Semester (UAS)

40

Jumlah

100

 

 

 

8. DAFTAR BUKU

 

Referensi Utama:

E.C. Wragg. (2004). Manajemen Kelas. Grasindo Jakarta.

Maman Rochman, (1999), Manajemen Kelas, Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jakarta.

Suryosubroto, (2004), Manajemen Pendidikan di Sekolah, Rineka Cipta, Jakarta.

 

Referensi Pengayaan:

Depdikbud (1983) Pengelolaan Kelas, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Jakarta.

Doyle, W. (1980). Class Room Management. Indiana: Kappa Delta

H. A. R Tilaar, (2001),  Manajemen Pendidikan Nasional,  Remaja Rosdakarya, Bandung.

M. Entang dan Raka Joni, (1983),  Pengelolaan Kelas, Proyek Pengembangan Pendidikan Tenaga Kependidikan, Jakarta.

Nawawi Hadari, (1992),  Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas, Gunung Agung Jakarta.

Suharsini Arikunto, (1993),  Manajemen Secara Manusia, Rineka Cipta, Jakarta.

‐‐‐‐‐‐‐‐———–, (1996), Pengelolaan Kelas dan Siswa, Raja Wali Press, Jakarta.

Tem Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan (2003) Pengantar Pengelolaan Pendidikan, UPI PREES, Bandung.

 

 

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

MATA KULIAH PENGELOLAAN KELAS

Pert. Ke: Pokok Bahasan Indikator Kegiatan mahasiswa Sumber

1

Orientasi Perkuliahan      

2

Konsep dasar pengelolaan kelas:

  1. Pengertian pengelolaan kelas;
  2. Pentingnya pengelolaan kelas;
  3. Tujuan pengelolaan kelas.
Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian pengelolaan kelas, urgensi pengelolaan kelas, dan tujuan pengelolaan kelas. Diskusi kelas, Menyamakan

persepsi; Menarik

Kesimpulan, Tugas tersruktur

Maman Rochman, 1999, Manajemen Kelas, Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi

Proyek PGSD, Jakarta.

 

M. Entang dan Raka Joni ,1983, Pengelolaan Kelas, Jakarta Proyek

Pengembangan Pendidikan Tenaga

Kependidikan

3/4

Pendekatan Pengelolaan

Kelas:

  1. Pendekatan Otoriter
  2. Pendekatan Intimidasi
  3. Pendekatan Permisif
  4. Pendekatan Instruksional
  5. Pendekatan Proses Kelompok
  6. Pendekatan Sosioemosional
  7. Pendekatan Buku Masak/Resep
  8. Pendekatan Perubahan Perilaku
  9. Pendekatan Eklektik
Mahasiswa dapat

membedakan antara

pendekatan yang satu

dengan yang lainnya

Diskusi kelas, Menyamakan

persepsi; Menarik

Kesimpulan, Tugas tersruktur

Maman Rochman, 1999, Manajemen Kelas, Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi

Proyek PGSD, Jakarta.

 

 

5/6

Aplikasi pendekatan

manajemen dlm

pengelolaan kelas.

  1. Pendekatan Otoriter
  2. Pendekatan Intimidasi
  3. Pendekatan Permisif
  4. Pendekatan Instruksional
  5. Pendekatan Proses Kelompok
  6. Pendekatan Sosioemosional
  7. Pendekatan Buku Masak/Resep
  8. Pendekatan Perubahan Perilaku
  9. Pendekatan Eklektik
Mahasiswa dapat

mengaplikasikan pendekatan

pendekatan dalam

melaksanakan pengelolaan kelas

Diskusi kelas, Menyamakan

persepsi; Menarik

Kesimpulan, Tugas tersruktur Menarik Kesimpulan

Nawawi Hadari, (1992), Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas

Gunung Agung, Jakarta.

Depdikbud, (1983), Pengelolaan Kelas,

Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

7

UTS      

8

Prosedur dan rancangan

manajemen kelas;

  1. Prosedur dimensi pencegahan dan;
  2. prosedur dimensi penyembuhan ;
Mahasiswa dapat menjelaskan prosedur manajemen kelas

menentukan prosedur

Diskusi kelas, Menyamakan

persepsi; Menarik

Kesimpulan, Tugas tersruktur

Maman Rochman ,(1999),Manajemen Kelas, Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jakarta.

9

Pengelolaan Lingkungan Belajar

  1. Konsep Dasar Pengelolaan Lingkungan belajar
  2. Tujuan Pengelolaan Lingkungan Belajar
  3. Prinsip-Prinsip Pengelolaan Lingkungan Belajar
  4. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan lingkungan belajar.
Mahasiswa dapat menjelaskan

Pengelolaan lingkungan belajar

Diskusi kelas, Menyamakan

persepsi; Menarik

Kesimpulan, Tugas tersruktur

Maman Rochman ,(1999),Manajemen Kelas, Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jakarta.

 

M. Entang dan Raka Joni, (1983), Pengelolaan Kelas, Proyek Pengembangan Pendidikan Tenaga

Kependidikan, Jakarta.

10

Pengaturan Ruang Kelas

  1. Pentingnya pengaturan ruang kelas dalam pembejalaran
  2. Menciptakan lingkungan yang kondusif untuk belajar
  3. Mengatur ruang kelas
Mahasiswa menjelaskan

Pengaturan ruang kelas

Diskusi kelas, Menyamakan

persepsi; Menarik

Kesimpulan, Tugas tersruktur

Maman Rochman ,(1999),Manajemen Kelas, Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jakarta.

 

M. Entang dan Raka Joni, (1983), Pengelolaan Kelas, Proyek Pengembangan Pendidikan Tenaga

Kependidikan, Jakarta.

 

11

Prinsip prinsip disiplin kelas.

  1. Disiplin pada tingkat sekolah
  2. Disiplin pada tingkat kelas;
  3. Sumber pelanggaran disiplin dan;
  4. Peraturan dan tatatertib Kelas
Mahasiswa dapat

menjelaskan prinsip prinsip dalam disiplin tingkat /level Sekolah maupun kelas

Mahasiswa dapat menjelaskan

sumber pelanggaran disiplin

Dan peraturan /tatatertib kelas

Diskusi kelas, Menyamakan

persepsi; Menarik

Kesimpulan, Tugas tersruktur

Suharsini Arikunto, ( 1993),Manajemen Secara Manusia, Rineka Cipta. Jakarta

 

‐‐‐‐‐‐‐——- (1996),  Pengelolaan Kelas dan Siswa, Raja Wali  Press, Jakarta.

12

Tahapan dan

penanggulangan

pelanggaran disiplin

  1. Tahapan memelihara Disiplin;
  2. Jenis gangguan dan cara penanggulangan gangguan disiplin;
  3. Kebiasaan Hidup
Mahasiswa menunjukkan

tahapan penanggulangan

pelanggaran & menjelaskan

upaya upaya memelihara

disiplin kelas.

Diskusi kelas, Menyamakan

persepsi; Menarik

Kesimpulan, Tugas tersruktur

Maman Rochman ,(1999),Manajemen Kelas, Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jakarta.

 

Suharsini Arikunto, ( 1993),Manajemen Secara Manusia, Rineka Cipta. Jakarta

 

‐‐‐‐‐‐‐——- (1996),  Pengelolaan Kelas dan Siswa, Raja Wali  Press, Jakarta.

13

overview Mahasiswa menyampaikan konsep-konsep pengelolaan kelas secara komprehensif Tanya jawab dan menyamakan persepsi, serta menarik kesimpulan.  

14

UAS      

 

Surabaya, 29 Pembruari 2012

Dosen Pengampu,

 

 

 

 

Hisbullah Huda, M.Ag.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: